Tuesday 5 February 2013

Kerendahan Hati




Beberapa hari lalu, saya mendapat renungan broadcast dari seorang teman yang juga dari GP GPIB Mupel Banten.. renungan ini membuat saya cukup berpikir secara pribadi salah satu aspek pelayanan merupakan Kerendahan Hati, yang mungkin secara sadar atau tidak sadar banyak diantara kita tidak memperhatikan aspek ini, seperti yang dikatakan Alkitab :

1 Petrus 5 : 5
Demikian jugalah kamu, hai orang-orang muda, tunduklah m  kepada orang-orang yang tua. Dan kamu semua, rendahkanlah dirimu ,  seorang terhadap yang lain, sebab: "Allah menentang orang yang congkak, tetapi mengasihani orang yang rendah hati. o "


Apa  isi dari broadcast tersebut? berikut isinya:

Amsal 16 : 18
Kecongkakan mendahului kehancuran & tinggi hati mendahului kejatuhan

Kesombongan dibandingkan dgn membunuh/berzinah, kelihatannya adalah dosa yg sepele, bahkan bagi banyak orang, sombong itu bukan dosa. Menurut Calvin, banyak dosa berawal & berpancar dari kesombongan.
Dari mana dosa berawal, kalau tidak dari kesombongan manusia yg tidak bersedia merendahkan diri di hadapan Allah, ingin seperti Allah?

Sombong adalah masalah sikap hati, kata Yesus, dari dalam hati timbul kesombongan. Sombong/ tidak, itu adalah pilihan. Kerendahan hati juga pilihan.

Kesombongan menimbulkan perdebatan, pertikaian, bahkan akibat sombong, bisa membuat manusia berdusta & melakukan hal² yg jahat, seperti membunuh fisik maupun karakter orang lain,
Seringkali perdebatan bukannya untuk mencari tahu, tapi menunjukkan dia lebih tahu

Kesombongan tidak lain merupakan "pendewaan terhadap diri sendiri", di mana seseorang menganggap dirinya lebih tinggi dari pada yg sepatutnya. Bentuk kesombongan yg sering qt lakukan adalah meremehkan orang lain.

Alkitab dgn tegas mengingatkan, bahwa Allah menentang orang yg sombong & orang yg sombong akan direndahkan & ditundukkan.
Allah mau qt memiliki kerendahan hati karena rendah hati akan membuat manusia sadar akan ketidaklayakannya & ketidakberdayaannya

Alkitab berkata: "janganlah orang bijaksana bermegah karena kebijaksanaannya, janganlah orang kuat bermegah karena kekuatannya, janganlah orang kaya bermegah karena kekayaannya, tétapi siapa yg mau bermegah, baiklah bermegah karena ia memahami & mengenal Tuhan yg menunjukkan kasih setia, keadilan & kebenaran"
"Sebaliknya, hendaklah dgn rendah hati yg seorang menganggap yg lain lebih utama dari pada dirinya sendiri"

Ada banyak orang yg mengalami kegagalan, kehancuran, kejatuhan, akibat kesombongan
Ingatlah bahwa segala sesuatu yg kita miliki berasal dari Allah :)



Well, guys.. ternyata kerendahan hati adalah sikap hidup murni dari hati seseorang, menerima keadaan dan mau mengalah merupakan salah satu sikap yang rendah hati.. secara manusia memang tidak mudah, tapi justru kerendahan hati adalah kemampuan yang tidak semua orang bisa miliki, bisa dikatakan kerendahan hati adalah kekuatan, bukan kelemahan.. Amsal 16 : 32 berkata ; Orang yang sabar melebihi seorang pahlawan, orang yang menguasai dirinya melebihi orang yang merebut kota.. Apa korelasinya dengan ayat ini? kesabaran dan pengendalian diri merupakan bagian dari kerendahan hati seseorang... 

Bagaimana kita bisa untuk menjadi rendah hati? belajarlah dari Yesus.. Dia merupakan Role model suatu sosok kerendahan hati...

Ia harus makin besar, tetapi aku harus semakin kecil

(Yohanes 3:30)



Jadilah seperti Yesus, yang mau turun merendahkan hatiNya untuk melayani

By: One of admins

No comments:

Post a Comment

Gunakan bahasa yang sopan dan tidak mengandung unsur SARA